Selasa, 31 Januari 2012

Teknologi Modern "Teknologi Komunikasi

             Teknologi Komunikasi. Tak ada hubungan seharmonis Teknologi dan Komunikasi. Hubungan antara keduaanya bagai air yang mengalir yang selalu berusaha melewatu setiap penghalang yang menutup jalan mereka. Bahkan semakin eratnya hubungan keduanya, semakin hari pertumbuhan serta perkembangannya semakin membuat kita terpesona atau mungkin bagi sebagian individu malah memanjakan mereka. Sebenarnya siapa Teknologi dan Telekomunikasi ?

            Teknologi sebuah kata yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi penghuni dunia, ini khususnya abad-21. Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti kata kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta berdasarkan proses teknis. Sedangakan jika dikutip dari Wikipedia metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Dari kedua referensi tersebut dapat saya katakana bahwa teknologi adalah alat atau sarana dimana hal tersebut diperoleh dari ilmu pengetahuan eksakta secara proses teknis yang bertujuan untuk mempermudah aktifitas manusia

            Sedangkan Telekomunikasi, dari susunan kata yang telah menyusunnya menjadi sedemikian rupa. Komunikasi yang berarti penyampaian dan penerimaan informasi dapat dikatakan sebagai penyusus inti pengertian Telekomunikasi.

            Berbagai macam teknologi yang digunakan untuk mempermudah berkomunikasi seperti HT (Handy Talkie), pager, Handphone, Internet sudah mulai ‘merajarela’ karena perkembangannya. Dapat kita lihat saat ini banyak sekali model, produk-produk teknologi komunikasi dengan inovasi terbarunya.

            Perkembangan teknologi yang sangat cepat disebabkan oleh arus globalisasi. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi bias. (id.wikipedia.org)

            Jika diibaratkan seperti mahluk hidup, mereka seperti individu yang terlahir dengan species baru. Lihat saja jika zaman dahulu kita ketahui terdapat Handphine yang memiliki warna layer monochrome dan saat ini telah berubah. Lalu jika dulu tak ada video call sekarang fitur itu dapat digunakan pada handphone.
           
            Selain itu, perkembangan yang dahsyat dari pasangan teknologi informasi dan telekomunikasi ini tak lepas dari dukungan provider yang dapat dikatakan sedang perang tarif. Bagaimana tidak untuk mempermudah komunikasi antar sesame di jejaring sosial sebut saja facebook mereka berani untuk menarik biaya Rp. 0 untuk penggunanya.
            Semakin tahun ikatan antara manusia dengan teknologi sudah semakin erat saja. Akankah teknologi menjadi salah satu anggota kebutuhan primer ? Sepertinya tidak akan lama lagi jawaban ‘pasti’ untuk menjadi pertanyaan tersebut akan terwujud. Mengapa ? Dapat kita ketahui di sekeliling kita mulai dari remaja, orang tua kita dapat melihat mereka membawa handaphone, apabila sedang memasuki jam ‘sibuk’ seperti weekend atau jam sibuk kerja, mungkin Handphone tersebut berkata bahwa ia terlalu bosan untuk selalu disentuh oleh pemiliknya. Bukan tidak mungkin teman membawa handphone akan menyusul sebagai teman serta manusia kedepannya.
           
             Kesetiaan teknologi telekomunikasi ini tak akan selamanya berujung kepada hal-hal positif. Memang jika dilihat takkan ada sesuatu yang sempurna. Melambung tingginya arus penggunaan teknologi telekomunikasi justru dimanfaatkan sebagai oknum untuk melakukan hal negative.

            Beberapa kasus yang dapat ditemui pada penyalahgunaan teknologi telekomunikasi antara lain : terror sms, penipuan pulsa, kasus trafficking yang pada umumnya terjadi melalui jejaring sosial.

            Dampak Positif :

1.      Perubahan Tata Nilai dan Sikap
2.      Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktifitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju
3.      Tingkat Kehidupan yang lebih baik. Dibukanya industru yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat

Dampak Negatif :

1. Pola Hidup Konsumtif
2. Sikap Individualistik
3. Gaya hidup kebarat-baratan
4. Kesenjangan Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar